Teras Cikapundung Bandung

Teras Cikapundung Bandung, Surganya Anak Muda


2 shares

JejakTraveler – Teras Cikapundung Bandung. Apa yang terfikirkan pertama kali tentang salah satu tempat wisata di Bandung ini? Hmm, tempat wisata kah?

Atau kalau berbicara Bandung, apa yang terfikirkan pertama kali? Kuliner, wisata belanja, wisata alam, sepakbola, oleh-oleh dan gadis-gadis cantiknya.

Yak, kali ini kita akan bahas tentang tempat wisatanya. Khususnya wisata Teras Cikapundung Bandung atau sebuah ruang publik baru yang ada di Kota Bandung dan populer dengan sebutan Teras Cikapundung.

Dan kali ini Jejak Traveler akan bahas dari harga tiket masuk Teras Cikapundung, alamat Teras Cikapundung, rute perjalanan untuk bisa sampai ke Teras Cikapundung, serya jam buka tempat wisata di Bandung yang satu ini.

Sejarah Teras Cikapundung Bandung

Sejarah Teras Cikapundung BandungSebelum Jejak Traveler bahas ke hal yang lebih spesifik tentang Teras Cikapundung Bandung, Jejak Traveler akan mengulas tentang sejarah berdirinya salah satu tempat populer di Kota Bandung yang satu ini.

Pemerintah Kota Bandung dibawah kepemimpinan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membangun Teras Cikapundung dengan mengangkat konsep Urban dan Ekologi tepat berada di sekitar aliran sungai Cikapundung.

Di area sungai itulah yang akhirnya dijadikan ruang publik. Tepat pada Desember 2015 tempat ini dikenalkan ke publik. Dan diresmikan Meteri PU bersama Pemkot Bandar Lampung pada pertengahan tahun 2016.

Tujuan dibangunnya Teras Cikapundung sebenarnya agar tersedianya ruang umum terbuka untuk warga Kota Bandung dan sekitarnya.

Selain itu, tempat ruang publik ini diharapkan dapat menjadi tempat bersosialisasi dan berkumpul di kawasan hijau kota.

Nah berbicara sejarah Teras Cikapundung Bandung, dulunya hanya aliran sungai Cikapundung. Jadi aliran sungai yang membelah Kota Bandung yang membentang mulai dari kawasan Bandung Utara dan bermuara di sungai citarum di wilayah Bandung Selatan.

untuk hulu sungai Cikapundung ini berlokasi di sekitar kawasan Lembang, di kawasan tempat wisata, tepatnya di Curug Omas, Bandung Barat.

Di Kota Bandung sendiri, aliran sungai Cikapundung ini mengalir melewati Babakan Siliwangi, yang kemudian masuk ke Kota Bandung dengan melintasi Jl. Braga serta Alun-Alun kota.

Sementara, di Kota Bandung sendiri, sebelum dibangun seperti sekarang, Teras Cikapundung BBWS ini memang sudah dikenal sebagai salah satu tempat nongkrong di Bandung.

Jadi tempat berkumpulnya orang-orang kreatif di Kota Bandung. Para seniman Bandung pun berkumpul di Teras Cikapundung ini.

Alamat Teras Cikapundung Bandung

Alamat Teras Cikapundung BandungUntuk alamat lengkapnya, alamat Teras Cikapundung Bandung berada di kawasan hutan kota Babakan Siliwangi atau Baksil, di Jl. Siliwangi, Kota Bandung, Jawa Barat.

Jadi alamat tempat wisata Teras Cikapundung Bandung ini berada di Jalan Siliwangi, Cipaganti, Coblong, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40131.

Rute Perjalanan Menuju Teras Cikapundung

Untuk rute perjalanan menuju teras Cikapundung, jika dari jalan Ir. H. Juanda atau kawasan Dago di simpang lima belok kiri ke Jl. Sumur Bandung, selanjutnya di pertigaan ambil arah ke kanan tepatnya ke Jalan Tamansari.

Di Jl. Tamansari ini selanjutnya perjalanan belok ke kiri, ke arah Jl. Siliwangi atau kawasan Babakan Siliwangi. Jadi sebelum pertigaan ke arah Puncak Ciumbuleuit.

Namun, jika perjalanan dimulai dari Cihampelas. Rute perjalanan yang harus ditempuh adalah mengambil jalan ke arah Jl. Ciumbuleuit, dan ada pertigaan belok kanan ke Jl. Siliwangi. Tak jauh dari turunan tengoklah sebelah kiri.

Angkutan Kota Arah Teras Cikapundung Bandung

Tenang, jika masih bingung ada kok kendaraan umum, angkutan kota alias angkot untuk menuju Teras Cikapundung Bandung. Cek selengkapnya di lokasi, baik dari arah Cihampelas ke Teras Cikapundung Bandung, maupun dari Jl. Tamansari.

Jam Buka Tempat Wisata Teras Cikapundung BBWS

Untuk jam buka, tempat wisata Teras Cikapundung ini buka di waktu operasional, yakni setiap hari dari jam 07 pagi sampai jam 10 malam atau jam 22.00 WIB.

Fasilitas di Teras Cikapundung Bandung

Fasilitas di Teras Cikapundung Bandung sebagai tempat berkumpulnya masyarakat umum, komunitas, seniman, muda-mudi merupakan kawasan wisata baru terpadu. Di dalamnya terdapat beberapa fasilitas, di antaranya adalah:

Taman Teras Cikapundung Bandung

Dengan memasuki kawasan konservasi hutan kota, Teras Cikapundung BBWS kini menjadi alternatif tempat berkumpul warga Bandung dan wisatawan di luar Kota Bandung.

Fasilitas-fasilitas pun di bangun di antaranya seperti yang berada di TeCI Bandung, yakni:

1. Amphitheater Teras Cikapundung

Amphitheater Teras CikapundungFasilitas utama di Teras Cikapundung adalah Amphitheater. Di sini aktifitas hiburan banyak didapatkan pengunjung, seperti pertunjukan hiburan live music, nonton bareng sepakbola, laga Persib Bandung maupun laga internasional.

Selain itu, ada juga kegiatan eksebisi, pameran dan yang lainnya yang memancing pusat keramaian di Kota Bandung. Di lokasi juga dibangun 15 sumur resapan. Selain itu suasana asri dan hijau menjadi unggulan.

2. Jembatan Merah Cikapundung Riverspot

Jembatan Merah Cikapundung RiverspotJembatan merah merupakan ciri khas dari Teras Cikapundung. Jembatan ini menghubungkan bantara sungai Cikapundung.

Di sekitar lokasi dibangun juga tempat duduk berundak untuk digunakan sebagai tempat bersantai, dan tempat nonton yang mengarah ke amphitheater.

3. Air Mancur Teras Cikapundung

Air Mancur Teras Cikapundung BandungSelanjutnya beberapa spor di Teras Cikapundung menawarkan beberapa sisi eksotis dan romantisme malam di Kota Bandung.

Terlebih air mancur yang memancar dari beberapa lubang yang ada di lokasi taman. Sehingga waktu malam hari, di lokasi air mancur Teras Cikapundung Bandung ini ramai pengunjung untuk mengabadikan keindahan air mancur dengan polesan warna lampu yang berwarna-warni.

Maka tak heran, Air Mancur Teras Cikapundung menjadi tempat nongkrong di Kota Bandung yang favorit dikunjungi bersama keluarga, teman, atau sang kekasih. Terlebih banyaknya penjual makanan di lokasi.

4. Kolam Teras Cikapundung Bandung

Kolam Teras Cikapundung BandungNah selain beberapa fasilitas di atas, di tempat ini juga sudah dibangun kolam. Eits, tapi bukan kolam renangya, melainkan kolam ikan.

Kolam ikan tersebut diisi dengan ikan khas sungai Cikapundung, dari ikan badar, ikan kehkel sampai ikan beunteur. Selain itu, rencananya akan dibangun hutan kota juga, dan areal pesawahan dan masih banyak lainnya.

Harga Tiket Masuk Teras Cikapundung Bandung

Nih, bagi yang tanya tentang harga tiket masuk Teras Cikapundung. Yang jelas tak terlalu mahal. Cukup dikenakan pengunjung dewasa dengan harga tiket Rp10 ribu.

Kalau untuk anak-anak, yang harus dikeluarkan atau harga tiket masuk anak-anak ke Teras Cikapundung Bandung adalah Rp5 ribu. Gimana murahkan?

Apa saja yang bisa dinikmati dengan tarif tiket masuk ke Teras Cikapundung sebesar itu? Pengunjung dapat menikmati tempat rekreasinya terlebih yang ingin jalan-jalan dan sekedar mencari tempat nongkrong asik di Bandung.

Itu sih informasi lengkap tentang Destinasi Wisata di Kota Bandung, salah satunya Teras Cikapundung Bandung, dari informasi sejarah berdiri, alamat dan denah lokasi, sampai kepada fasilitas yang dimiliki, serta harga tiket masuk.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa ikuti artikel lainnya hanya di JejakTraveler.com. Terimakasih salam jalan-jalan. Selamat menikmati liburannya.


Like it? Share with your friends!

2 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission