Orchid Forest Cikole Lembang

Berwisata Di Orchid Forest Cikole Lembang


2 shares

Jejak Traveler – orchid forest Cikole – Bandung adalah kota yang berada di Jawa Barat, kota ini memang banyak destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Di sana ada wisata budaya, wisata sejarah, wisata edukasi, wisata kuliner dan bahkan wisata alam pun juga ada. Apalagi memang Bandung dikenal dengan suasananya yang sejuk dan asri, membuat orang-orang yang tinggal di Ibu kota, menyempatkan diri untuk berwisata di sana.

Jika membicarakan wisata alam, orchid forest Cikole di Lembang adalah solusi bagi Anda untuk menghabiskan masa liburan Anda. Pastinya Anda tidak akan menyesal jika sudah memilih tempat wisata ini sebagai destinasi Anda jika berlibur ke Bandung.

Lembang nemang salah satu daerah yang ada di Bandung, yang memiliki beberapa tempat wisata yang terkenal. Di sana memang hawanya masih sangat sejuk dan udaranya segar, masih sangat minim dengan adanya polusi, sehingga banyak orang-orang yang sangat suka jika berlibur ke Lembang. Selain adanya wisata orchid forest Cikole, ada juga wisata Gunung Tangkuban Perahu dan juga Maribaya.

Bagi Anda yang sangat menyukai alam, tentu tidak akan asing dengan tempat wisata tersebut. Orchid forest sebenarnya adalah tempat wisata yang cukup baru di daerah Cikole, Lembang. Sehingga belum banyak dikenali oleh orang-orang. Tapi, sekarang sudah ada beberapa wisawatan asing yang mendatangi tempat wisata ini. Entah untuk berwisata menikmati pemandangan, ataupun penelitian.

Wisata Edukasi Orchid Forest Cikole Lembang

Wisata Edukasi Orchid Forest Cikole
all image by @orchidforestcikole

Dengan luas 14 hektar, tempat wisata orchid forest Cikole  ini termasuk wisata edukasi, lhoh. Hal itu dikarenakan banyak yang datang untuk melakukan penelitian pada bunga anggrek yang memang sengaja membudidayakan anggrek. Ada 157 macam jenis anggrek yang kira-kira dibudidayakan di sana. Anda bisa melihat berbagai macam anggrek yang mungkin bagi Anda sendiri, ada yang belum pernah melihat anggrek langka yang dibudidayakan di Orchid forest.

Di sana tempatnya cukup ramai karena pemandangannya pun cukup indah dengan dikelilingi dengan pohon pinus yang menjulang tinggi. Jadi, bagi Anda yang tidak melakukan penelitian, bisa hanya dengan melihat-lihat dan merasakan kesejukan tempat tersebut.

orchid forest Cikole bisa disebut dengan tempat wisata edukasi, selain untuk bahan penelitian, di sana Anda juga bisa belajar untuk membudidayakan anggrek dengan baik dan benar. Ada beberapa petugas yang memang akan menunjukkan kepada para pengunjung untuk bisa lebih tahu bagaimana cara memnbuidayakan anggrek. Karena diantara 157 jenis anggrek, pastinya dalam menanganinya tidak semuanya sama.

Pasti ada beberapa jenis yang perawatannya berbeda. Jadi, jika Anda memang berniat untuk bisa membudidayakan anggrek, Anda bisa datang ke tempat tersebut. Alamatnya cukup mudah dicari karena Orchid forest berada di jalan Tangkuban Perahu kilometer 8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Tapi ternyata Anda di sana tidak hanya meneliti anggrek, jika Anda tahu, orchid forest Cikole juga memiliki bunga bangkai atau bunga Reflesia yang sangat besar itu. Karena memang di sana adalah tempat wisata alam, petugas Orchid forest sengaja menanam  bunga bangkai untuk bisa ditunjukkan kepada pengunjung yang penasaran dengan wujud asli dari bunga yang beraroma tidak sedap.

Tidak hanya itu, keadaan tempat wisata yang alamnya bagus, membuat banyak orang yang mengambil gambar di sana dengan kamera ponselnya. Karena hal itu pulalah, sekarang sudah banyak orang yang mengenal hutan anggrek ini karena beberapa postingan para pengunjung yang berfoto di spot-spot bagus yang terdapat di hutan anggrek tersebut.

Tips Berwisata ke Orchid Forest Cikole, Lembang

Tips Berwisata di Orchid Forest CikoleMungkin sebagian orang bertanya, menyenangkankah berwisata di orchid forest Cikole? Karena memang di sana mengiranya hanya ada anggrek di sana. Padahal perjalanan menuju ke sana saja sudah sangat menyenangkan karena melewati pemandangan yang bagus dan juga pemandangannya sungguh seju segar. Jadi, Anda tidak akan merasakan panas di dalam mobil atau bahkan tidak akan menyalakan AC mobil.

Jangan memandang sebelah mata wisata hutan ini, karena ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Tips agar berwisata di sana tidak bosan adalah melakukan beberapa keiatan dengan fasilitas dan wahana yang telah tersedia di sana.

Petugas wisata orchid forest Cikole telah menyediakan beberapa wahana dan juga fasilitas untuk mengisi kegiatan para pengunjung selama berada di sana, yaitu dengan :

  1. Flying Fox

    Liburan di luar ruangan tepatnya di alam bebas, tidak akan puas jika tidak mencoba permainan flying fox. Memang jika wisata alam, selalu menyediakan wahana ini untuk kesenangan para pengunjungnya, termasuk wisata hutan anggrek ini. Ada dua jenis flying fox yang ada di sana yaitu untuk anak-anak dan orang dewasa.

  2. Memanah

    Selain olahraga flying fox, di sana juga tersedia area memanah. Bagi pengunjung yang ingin mencobanya, bisa langsung ke area tersebut untuk bisa melakukan kegiatan memanah.

  1. Bersepeda

    Bersepeda di sana juga kegiatan yang sungguh menyenangkan. Anda bisa melihat pemandangan dengan udara yang sejuk.

  1. Belajar Budidaya Anggrek

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, orchid forest Cikole memang mempunyai kegiatan inti yaitu dengan melihat bagaimana cara membudidayakan anggrek. Anda bisa mempelajarinya dengan melihat atau meminta kepada petugas untuk ikut praktek dan bertanya.

  1. Piknik di Orchid Forest Cikole

    Camping di Orchid Forest CikoleDengan pemandangan yang bagus serta udara yang segar dan sejuk, pasti sangat enak bila mengadakan piknik bersama dengan keluarga. Bawalah tikar dan juga bekal makanan untuk Anda piknik di sana. Tapi jika musim hujan, jangan mengadakan piknik di sana, karena pasti tanahnya becek.

  1. Selfie dan Foto Pre-Wedding

    Orchid Forest Cikole Spot FotoPemandangan yang bagus dengan spot yang memukau, membuat orang-orang modern di era digital ini, akan memburunya untuk bisa selfie dan melakukan foto pre-wedding nya. Jika berdoto di sana memang hasilnya cukup bagus dan memuaskan.

  1. Memberi Makan Kelinci

    Di sana juga terdapat kelinci yang sengaja dipelihara oleh petugas wisata. Jika Anda membawa anak yang masih kecil, tentu akan sangat menyukai kegiatan melihat kelinci dan juga memberinya makan.

Masih banyak lagi kegiatan yang bisa Anda lakukan selama berada di orchid forest Cikole. Karena memang tempat wisata ini bisa dikunjungi dari segala umur. Udara yang segar, mampu memulihkan pikiran-pikiran Anda dari hal-hal yang negatif, sehingga sangat cocok jika Anda yang orang kota dan sangat sibuk, menyempatkan untuk berlibur ke sana.

Adapun beberapa persiapan jika Anda berwisata di sana agar tidak gagal untuk rencana liburannya

Lokasi Orchid Forest Cikole

Yang pertama, Anda harus membooking terlebih dahulu tempat penginapan yang dekat dengan orchid forest Cikole

Belilah tiket kendaraan atau siapkanlah kendaraan pribadi sebaik mungkin.

Bawalah pakaian-pakaian hangat karena di Lembang sangat dingin udaranya.

Bawalah bekal, untuk bisa dimakan di tempat wisata.

HP, powerbank dan tingsis harus standby agar bisa menangkap momen-momen liburan di sana.

Lokasi Orchid Forest Cikole Lembang

Untuk peta lokasi Orchid Forest Cikole anda bisa cek maps yang tim Jejak Traveler sediakan di bawah


Like it? Share with your friends!

2 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ridho Afwani

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission