Kawah Putih Bandung Ciwidey
Source : Instagram @rahmia_maloya

Kawah Putih Bandung, Pesona Keindahan Alam Kota Kembang


5 shares

Wisata Danau Kawah Putih Bandung yang ada di kawasan Ciwidey ini menjadi salah satu magnet wisata yang memiliki daya tarik tersendiri di kota Kembang. Bandung yang dikenal oleh masyarakat sebagai surganya industri tekstil dan sebuah kota yang sangat ramah alam ini memang meyimpan potensi wisata yang besar, dan salah satunya adalah Danau Kawah Putih ini.

Danau kawah putih terletak di sebuah dataran tinggi yang berada tak kurang dari 2.400 meter diatas permukaan laut. Kawah ini terjadi akibat letusan gunung Patuha beratahun-tahun silam. Nama kawah putih sendiri diambil dari keunikan yang terjadi ada danau bentukan alam tersebut. Tanah di sekliling danau notabene berwarna putih seperti pasir di pantai. Hal ini disebabkan karena adanya percampuran unsur tanah dengan belerang yang ada di lokasi tersebut.

Begitu juga dengan air danau dari kawah putih ini. Air pada danau kawah putih tidak berwarna bening atau seperti air pada umumnya. Melainkan bertekstur sedikit mengental, warnanya putih semu kehijauan. Kondisi air yang cukup ini bisa terjadi karena penuyesuaian unsur dengan alam sekitar, yang mana terjadi juga percampuran kadar belerang, dan pengaruh cuaca serta suhu udara yang ada disana.

Pada waktu-waktu tertentu kamu memang akan merasa bahwa suhu di sekitar lokasi danau kawah putih ini begitu dingin. Ya! Memang bukan hal yang aneh lagi mengingat danau kawah putih yang berada di kawasan pegunungan. Bahkan suhu udara di kawah putih bisa mencapai di titik rendahnya hingga 5 derajat celsius sampai dengan 22 derajat celcius. Bagi yang gak biasa dengan hawa dingin pegunungan pasti akan kaget dan sulit untuk beradaptasi. Jadi serasa sedang berada di Eropa gitu!

Pesona Eksotis nan Romatis di Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung
@pesonaciwidey

Kawah putih Bandung memang memiliki daya tarik besar. Keindahan alam dan keunikan panorama sekitar memberi kesan tersendiri di hati pengunjung obyek wisata alam di Bandung ini. Pesona kawah putih dibuktikan dengan sering dipilihnya lokasi ini untuk menjadi studio dadakan bagi para seniman untuk mencari inspirasi atau menjadi background bagi karya seni mereka.

Kawah Putih BandungKawah putih Bandung sering dijadikan sebagai lokasi pengambilan gambar pada sesi pemotretan untuk berbagai kebutuhan industri entertainment, baik yang profesional, hingga hanya untuk sekedar foto prewedding. Bahkan, tak hanya satu dua kali danau kawah putih juga dipilih utnuk menjadi satu lokasi syuting film. Salah satunya pasti kamu sudah pernah nonton! Ingat kan film ‘Heart‘ yang peran utamanya si mbak Acha Septriasa, Irwansyah dan Nirina Zubir? Salah satu scene atau adegan yang ada di film tersebut ada juga yang mengambil latar danau kawah putih.

Kawah Putih Bandug Pesona
@danird_
Kawah Putih
@ahmadfajrii_

Selain itu, danau kawah putih juga menjadi temapt favorit bagi para olahragawan terutama mereka yang hobi banget banget melakukan aktifitas olahraga menantang seperti Hiking dan berkuda. Tebing-tebing tinggi yang mengelilingi danau kawah putih ini seringkali menjadi pilihan para atlet hiking untuk menyalurkan hobi mereka.

Fasilitas yang ada di Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung Keren
@niklas_uji

Sebagai obyek wisata andalan yang cukup populer di kalangan masyarakat, danau kawah putih ini pun juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas umum yang cukup memadai. Semua telah fasilitas disana memenuhi standart normal fasilitas umum untuk obyek wisata. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, tentu akan lebih bisa membuat para pengunjung merasa nyaman saat datang berkunjung dan menikmati keindahan alam di spot wisata alam danau Kawah Putih Bandung.

Pertama kali kamu masuk ke kawasan danau Kawah Putih, akan langsung kamu temui sebuah kantor pusat informasi dan beberapa papan info yang sangat bermanfaat bagi para pengunjung. Pusat informasi ini sangat penting untuk kamu yang ingin mengetahui tata tertib hingga informasi lengkap mengenai asal usul dari danau kawah putih.

Tak hanya itu saja, rumah ibadah serta lokasi wisata kuliner di Bandung yang menyajikan masakan-masakan khas juga disiapkan untuk para pengunjung. Jangan khawatir katongmu terkuras, rumah makan dan restoran yang ada di kawah putih ini menjual menu-menu makanan dan minumannya dengan harga yang terjangkau, kok! Pas banget buat kamu yang lagi kelaparan setelah puas berkeliling menikmati alam di lokasi wisata populer Kawah Putih Bandung.

Ouw ya! kamu juga gak perlu khawatir dengan kendaraan yang kamu tinggalkan di depan pintu gerbang masuk wisata kawah putih yang memang titiknya agak jauh. Lahan parkir dan keamanan kendaraan sangat diperhatikan oleh pengelola. Bahkan dari gerbang masuk sampai ke lokasipun juga disediakan kendaraan bagi kamu yang enggan untuk berjalan kaki. Nah, enak banget kan? Yang pasti kamu gak akan rugi kalau memasukkan destinasi wisata menarik di Bandung satu ini kedalam list tujuan liburanmu.

Lokasi Kawah Putih Bandung

Untuk lokasi kawah putih, kalian bisa cek langsung pada peta di bawah

Jam Operasional dan Biaya Masuk Wisata Alam Danau Kawah Putih Bandung

Umumnya, baik pada hari libur maupun hari biasa jam operasional di wisata kawah putih Bandung ini sama, yakni mulai buka bukul 7 pagi hingga 5 sore. Sedangkan untuk tiket masuknya berkisar harga 17 ribu rupiah untuk para turis domestik atau wisatawan lokal. Sedangkan mereka para pelancong asing akan dikenai biaya tiket masuk sebesar 50 ribu rupiah. Cukup murah, bukan? Tapi harga diatas sewaktu-waktu bisa berubah ya! Tergantung dengan kebijakan para pengelola serta dinas terkait.

Untuk biaya parkir, ada dua variasi harga yang telah ditetapkan. Perbedaan antara kedua varian harga parkir ini memang cukup terpaut jauh, tapi itu semua ada maksudnya, kok! Kedua jenis tersebut yakni parkir atas dan parkir bawah. Antara paskir atas dan paskir bawah harganya cukup jauh berbeda. Bahkan untuk parkir mobil perbedaan nilainya hingga hampir 30 kali lipat, lebih mahal parkir atas.

Yang dimaksud parkir atas sendiri, para pengunjung diperbolehkan membawa kendaraannya ke atas mendekati lokasi kawah putih. Sedangkan parkir bawah, kendaraan harus ditinggal di lokasi parkiran gerbang masuk pertama. Untuk parkir atas, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar 150 ribu bagi kedaraan roda empat dan 35 ribu untuk kendaraan roda dua. Sedangkan parkir bawah kamu hanya harus membayar 6000 rupiah untuk mobil dan 5000 rupiah untuk sepeda motor. Sangat jauh, bukan?

Pengelola memang sengaja memberikan perbedaan harga yang cukup jauh untuk meminimalisir kendaraan yang naik keatas. Ini bertujuan untuk menjaga keasrian alam dan ketertiban lokasi wisata kawah putih. Jangan khawatir, meskipun dari bawah ke atas (lokasi kawah) lokasinya cukup jauh dan menanjak, untuk para wisatawan penglola telah memberikan fasilitas berupa tumpangan yakni wahana ontang-anting. Setiap pengunjung akan dikenai biaya 13 ribu rupiah untuk jasa fasilitas wahana ontang-anting ini. Simple, bukan?

Bagaimana, kamu tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata Kawah Putih Bandung? Kenapa masih pake mikir? Oke deh, kita tunggu disana aja, ya! Yakin deh kamu gak bakalan rugi berkunjung ke sana.


Like it? Share with your friends!

5 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission