Air Mancur Sri Baduga

Air Mancur Sri Baduga, Air Mancur Purwakarta Terbesar di Asia


2 shares

Jejak Traveler – Air Mancur Sri Baduga. Siapa yang pernah berkunjung ke Purwakarta? Apa yang anda kenal tentang tempat wisata di Purwakarta? Tentunya banyak ya.

Sebab, di Purwakarta memang ada banyak destinasi yang dikenal baik lokal, nasional maupun internasional. Dari waduk Jatiluur, wisata alam Ciracas, sampai ke Giri Tirta Kahuripan.

Nah, tempat-tempat ini memang menjadi salah satu menu wajib ketika berkunjung ke Purwakarta. Karena tempat wisata di Purwakarta tersebut adalah destinasi yang tak boleh terlewatkan karena keindahannya.

Eits. Tapi tak hanya tempat-tempat wisata itu saja loh? Masih ada destinasi wisata di Purwakarta yang tak kalah mendunia. Seperti Taman Air Mancur Sri Baduga, Air Mancur Purwakarta yang katanya terbesar di Asia.

Wih gimana ya? Katanya sih, beberapa rekomendasi dan netizen mengatakan bahwa Air Mancur Sri Baduga ini tak kalah keren dan bahkan layak disandingkan dengan Time of Wings Singapura.

Seperti apa ya ceritanya, yuk tengok catatan Jejak Traveler berikut ini:

Sejarah Air Mancur Sri Baduga

Sejarah Air Mancur PurwakartaUntuk pertama, mari kita mengenal sejarah dari air mancur Purwakarta yang satu ini. Air mancur Sri Baduga telah diresmikan Menteri Pariwisata Arief Yahya, pada 2017 silam.

Saat itu, untuk mengunjungi Air Mancur Sri Baduga alias Air Mancur Purwakarta ini tidak dipungut biaya. Jadi tidak ada tiket alias gratis.

Jadi masyarakat yang datang dapa menyaksikan air mancur yang menari atau dikenal dengan sebutan waterfountain.

Terlebih tujuan Pemda setempat, yang masih dalam masa jabatan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, adanya Air Mancur Sri Baduga memiliki tujuan untuk menghidupkan ekonomi kreatif dan pariwisata lokal.

Diresmikan pada tahun 2017 itu ternyata peresmian tahap III loh. Memang prosesnya panjang. Nah, pembangunan tahap satu dimulai pada tahun 2014 dan tahap ke 2 itu dilanjutkan tahun 2015.

Saat ini, taman Sri Baduga diakui sebagai salah satu destinasi wisata di Purwakarta yang terkenal dengan air mancur terbesar se Asia Tenggara. Bahkan, luas Taman Air Mancur Sri Baduga ini adlaah ± 3 hektar.

Lalu sejarah air mancur Purwakarta ini juga merupakan pengembangan destinasi wisata Situ Buleud yang dibangun sejak tahun 2013 dan mulai diresmikan tahap pertama pada bulan Januari Tahun 2014.

Bahkan dulunya, taman air mancur Purwakarta ini adalah tempat berendam badak. Maka pihak pemda pun membangun patung badak di pertigaan depan Taman Sri Baduga.

Fasilitas dan Wahana di Air Mancur Purwakarta

Harga Tiket Masuk Air Mancur PurwakartaTaman Air Sri Baduga yang dilengkapi dengan air mancur menari setinggi enam meter itu memiliki banyak fasilitas dan wahana yang disajikan untuk memanjakan pengunjungnya.

Seperti papan berbentuk “T” di tengah danau. fungsi huruf tersebut di Air Mancur Purwakarta adalah sebagai tempat untuk pementasan seni tari.

Jadi, di sela-sela pertunjukan air mancur nantinya ada pementasan tari di tengah danau. Gimana keren kan? Selanjutnya untuk lengkapi keindahan taman, pihak setempat juga sudah memberi lampu sorot.

Nah ini bukan sembarang lampu sorot loh. Tapi ini sorotan lampu laser yang memberikan efek memperindah Taman Air Mancur Sri Baduga. Pasti romantis banget kan?

Tentu fasilitas ini berbanding terbalik dengan fasilitas sebelumnya. Sebab, sebelumnya disebut dengan Taman Situ Buleud. Jadi tempat wisata di Purwakarta ini sebelumnya hanya dijadikan taman berolahraga saja.

Atau bahkan menjadi tempat duduk-duduk santai. Nah, tentu hal ini berbeda dari sebelumnya. Sekarang dengan perombakan-perombakan yang telah dilakukan oleh pemerintah menjadikan taman air mancur ini lebih indah.

Bahkan, saat ini Taman Air Sri Baduga menjadi salah satu taman air di Indonesia yang mirip dengan taman air mancur di Danau Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab. Bahkan terbesar di dunia nih bukan hanya di Asia.

Selain itu, Taman Air Mancur Purwakarta ini juga dilengkapi kurang lebihnya 100 pipa. Air tersebut setidaknya memancarkan air setinggi 10 meter. Dan pipa air tersebut mengelilingi taman air seluas 2 hektare.

Keindahan Taman Air Mancur Purwakarta

Kecantikan air mancur Purwakarta ini semakin terlihat saat lampu menyala kerlap-kerlip. Dan bahkan paduan warnaya semakin mempercantik suasana.

Iringan musik dan gemericik air yang menari menjadi ketukan irama yang semakin romantis bagi para muda mudi memadu kasi. Tak salah juga jika ada yang menyebutkan tempat ini menjadi salah satu tempat nongkrong romantis di Purwakarta.

Tiap malam minggu, saat itu, pemerintah sudah mewacanakan antara pukul 19.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB, tiga kali show, sekitar ±25 menit setiap satu kali pertunjukan.

Di jam tersebut ada rangkaian air mancur yang indah terlihat memancarkan cahayanya berwarna warni, dengan paduan sorotan laser yang seirama dengan gerak air mancur Purwakarta tersebut.

Fasilitas lainnya adalah, adanya wifi di Air Mancur Menari Sri Baduga Purwakarta ini. Wifi memang sengaja dipasang dan digratiskan untuk anak muda mudi betah dan bisa mengupload sepuasnya foto-foto mereka selamat berada di titik Taman Sri Baduga.

Hal ini tentunya sebagai ajang promosi destinasi wisata di Purwakarta yang begitu cantik dan menarik ini. Selanjutnya kita akan mengenal kuliner di Purwakarta yang berada di sekitar air mancur Purwakarta ini.

Kuliner Disekitar Air Mancur Sri Baduga

Kuliner Air Mancur Sri BadugaYak, kira-kira apa saja menu makanan yang bisa kita temui di tempat ini, khususnya makanan khas Purwakarta? Hmm. Di tempat ini ada banyak kuliner Purwakarta yang harus dilahap sampai habis nih.

Misal, di tempat air mancur Sri Baduga ini ada banyak kuliner yang dijajakan, seperti Sate Maranggi. Sate Maranggi adalah sapi atau kambing yang khas dari Purwakarta.

Bahkan ada banyak tempat makan romantis di Purwakarta lainnya yang tak jauh dari lokasi Taman air Mancur Sri Baduga ini.

Biaya Masuk dan Harga Tiket Taman Air Mancur Sri Baduga

Harga Tiket Air Mancur PurwakartaUntuk masuk ke air mancur Purwakarta atau biaya masuk taman air mancur Sri Baduga informasinya tidak dipungut biaya alias gratis. Dan taman air mancur Sri Baduga ini dibuka untuk umum.

Dan bahkan nih, pengunjung pum tidak dipungut biaya untuk menyaksikan pertunjukan ‘tarian’ air mancur. Jadi, kalau mau lihat pertunjukan harus tahu waktu ya.

Jadwal Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga

Jadwal Pertumjukan Air Mancur Sri BadugaNah bagi anda yang mau melihat atau menyaksikan pertunjukan air mancur Sri Baduga Purwakarta sebaiknya anda datang di saat Sabtu malam atau Malam Minggu.

Untuk jamnya, anda bisa datang pada pukul 19.30 atau jam 1/2 8 malam. Pertunjukan akan berakhir jam 22.30 atau jam 1/2 11 malam.

Namun jika ingin melihat air mancur Sri Baduga saja, maka anda cukup datang setiap hari, karena dibuka secara umum.

Di hari-hari biasa air mancur tetap akan menyembur kok, tetapi tanpa ada efek tambahan. Jamnya jam berapa kak? Dibuka dari jam 05.00 sampai jam 09.00 WIB.

Jadi pas dengan jam olahraga masyarakat untuk lari pagi atau sekedar duduk-duduk menikmati taman. Selanjutnya jam malam hari, yakni dari jam 05 sore sampai pada jam 07 malam. Jadi tidak 24 jam ya.

Video Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

Peta Lokasi Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

Nah, itulah informasi tentang air mancur Purwakarta yang harus kita ketahui. Jadi jangan salah jam ya. Meski dibuka setiap hari dan digratiskan, setidaknya kita tahu harus datang pada jam berapa. Biar nggak bingung. He.

Sekian ya. Kalau penasaran baca artikel lainnya dari Jejak Traveler. Salam Traveler.


Like it? Share with your friends!

2 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission